Ciri-ciri Makhluk Hidup

Minggu, 28 September 2008

Materi untuk pertemuan minggu berikutnya adalah mempelajari ciri-ciri makhluk hidup. Seorang siswa diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya, yaitu tabel perbandingan ciri-ciri makhluk hidup (biotik) dan benda tak hidup (abiotik), sementara siswa yang lain mencocokkan dengan hasil pekerjaannya.

Obyek yang diamati misalnya, manusia, ayam, sapi, batu, mobil, padi, dan rumput. Obyek dapat dipilih sesuai dengan lingkungan dimana siswa berada/tinggal. Kategori pengamatannya adalah ciri dari makhluk hidup, yaitu tumbuh, bernapas, bergerak, perlu makan, berkembangbiak, menanggapi rangsang (iritabilita), dan mengeluarkan zat sisa. Siswa perlu dibantu untuk mengartikan istilah atau menggambarkan maksud perintah, misalnya arti kata iritabilita.

Dari ketujuh obyek pengamatan bisa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar, yaitu makhluk hidup dan benda tak hidup. Guru dapat membantu mendiskusikan mengapa mobil yang bisa bergerak dan perlu makan (bensin) tidak dikelompokkan sebagai benda hidup (biotik).

Setelah itu setiap ciri makhluk hidup dijelaskan satu persatu. Makhluk hidup tumbuh, buktinya manusia dilahirkan ibu dari bayi, kemudian bertambah besar dan bertambah pintar. Makhluk hidup bernapas dan memerlukan makan. Teknik penyampaiannya bisa dibantu dengan gerak tubuh (body language) guru. Terdapat perbedaan cara mendapatkan makanan antara tumbuhan dan hewan. Tumbuhan memakan zat anorganik untuk diolah menjadi zat organik, sedangkan hewan dan manusia sebaliknya, memakan zat organik dan membuang zat anorganik.

Buatkan contoh yang menarik untuk siswa, misalnya menceritakan tumbuhan kantung semar (venus flytrap). Hewan biasanya memakan tumbuhan, nah ini sebaliknya. Tumbuhan yang memakan hewan !!. Guru dapat menceritakan mengapa tumbuhan tersebut memakan serangga.

Selesai menjelaskan seluruh ciri makhluk hidup, siswa ditawarkan untuk menanyakan hal yang tidak dimengerti. Jika tidak ada yang bertanya, maka guru dianjurkan untuk mengulang kembali istilah baru bagi siswa dalam pertemuan hari ini. Caranya, adalah dengan menunjuk seorang siswa mengartikan istilah baru tersebut.

Dan tidak lupa, setiap pertemuan, siswa dibekali latihan soal seputar materi hari ini. Ini akan membantu mempermudah siswa menghadapi ujiannya nanti..

Catatan :

1. Klik disini untuk Materi Ciri Makhluk Hidup

2. Klik disini untuk Informasi dan Gambar Tumbuhan Kantung Semar

3. Klik disini untuk Iritabilita

0 komentar: