Belajar Apa Sepulang Sekolah ?

Minggu, 28 September 2008


Setiap kali pulang dari sekolah, anda (siswa) bisa membuat ringkasan materi yang telah dipelajari di sekolah. Dengan melakukan hal ini secara rutin berarti anda telah melakukan aktifitas yang disarankan para ahli sebagai belajar kreatif.

Cobalah membuat bank soal sendiri dari materi yang telah diberikan. Dari soal-soal yang anda buat, anda bisa membuat beberapa variasi tes. Jawaban dengan menjodohkan, benar salah atau fill in the blank (isilah titik-titik berikut…)

Yakinkan bahwa Anda telah belajar dengan cara yang tepat karena anda melakukannya setiap hari dengan meringkas hal-hal yang guru anda ajarkan di sekolah. Jadi anda tidak perlu membaca buku huruf demi huruf, kata demi kata, atau kalimat demi kalimat.

Dengan mempelajari kelemahan anda pada topik tertentu, anda bisa fokus untuk meningkatkan pemahaman anda pada topik tersebut. Caranya adalah dengan tidak malu mendiskusikan tema/materi yang tidak dipahami dengan guru pengajar. Saya yakin bahwa setiap guru yang diajak berdiskusi oleh siswanya akan sangat senang membantu menjawab kesulitan anda !

Hal lain yang bisa anda kerjakan untuk memperdalam pemahaman anda terhadap materi tertentu bisa didapatkan dengan search, browsing memakai internet seperti yang anda lakukan sekarang !

Jika seorang siswa sekolah dasar mampu melakukannya, maka sebagian besar dari anda bisa melakukannya lebih baik. Jika anda seorang pelajar yang dipercayai oleh teman-teman sekolah karena kemampuan anda, maka kumpulan soal yang telah anda buat memiliki peluang besar keluar sebagai salah satu soal ujian nanti…

Selamat belajar dan siapkan diri sebagai sang pemenang !

0 komentar: