Kerja Ilmiah

Rabu, 08 Oktober 2008



Bab pertama dalam kelas biologi menggambarkan kepada siswa bekal sikap-sikap ilmiah yang diperlukan untuk melakukan pengembangan ilmu pengetahuan.
Sebagai siswa baru dalam sekolah menengah pertama, siswa diperkenalkan bahwa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dipelajarinya sewaktu masih di sekolah dasar akan dikembangkan menjadi beberapa mata pelajaran baru, yaitu biologi, fisika, dan kimia.

Ilmu biologi sendiri adalah mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari siswa. Misalnya, dengan mempelajari biologi, maka siswa akan mengetahui mengapa seseorang bisa terjangkit influenza, cacar dan lain sebagainya.
Dengan merangsang siswa berpikir kritis, diharapkan siswa mampu merumuskan suatu masalah, dan kemudian menggunakan metode ilmiah (www. scribd.com) yang diajarkan untuk menemukan kesimpulan dari masalah yang dipelajarinya.

Selain itu, dalam bab ini siswa juga diperkenalkan dengan mikroskop sebagai alat bantu sederhana dalam mempelajari biologi. Penekanan materi ini ada pada pengenalan bagian-bagian mikroskop, cara menggunakan dan cara perawatannya.
Sebelum masuk ke dalam materi ini, siswa digambarkan terlebih dahulu, fungsi mikroskop. Mikroskop berguna untuk membantu siswa dan ilmuwan untuk mempelajari kehidupan mikrorganisme seperti virus dan bakteri. Selain itu dengan menggunakan mikroskop kita juga dapat melihat langsung jaringan sel dalam tumbuhan dan lain sebagainya.

Siswa diajarkan membuat preparat sederhana, yaitu membuat irisan melintang dan membujur dari sayatan batang tumbuhan. Bisa digunakan batang tumbuhan monokotil dan dikotil, sebagai perbandingan. Kemudian siswa juga diajak melakukan ekspreimen sederhana dalam pembuatan herbarium dan insektarium.
Kegiatan eksperimen sederhana ini dapat merangsang siswa memahami isi materi lebih cepat dibandingkan hanya dijelaskan secara teoritis di kelas.

Catatan :
1. Klik disini untuk Materi Kerja Ilmiah & Soal Latihan
2. Klik disini untuk Materi Mikroskop dari Wikipedia

Klasifikasi Makhluk Hidup

Minggu, 28 September 2008

Pernahkah terpikir oleh kita, jika suatu pagi kita terbangun, dan mendapati diri kita sedang berada di sebuah negeri yang bahasanya nyata-nyata tidak kita mengerti ? Begitulah juga kira-kira para ilmuwan memikirkan, bagaimana cara agar bisa mengidentifikasi padi sebagai padi dan bukan rumput jika berbicara dengan ilmuwan dari negara lain yang berbeda bahasanya.

Begitulah sejarah penamaan ilmiah dari berbagai jenis makhluk hidup yang dibakukan oleh aturan Kode Internasional Tata Nama Hewan dan Tumbuhan. Setiap makhluk hidup diberi nama ilmiahnya masing-masing yang terdiri dari dua suku kata. Aturan ini dikenal sebagai binomial nomenklatur. Sistem ini pertama kali diperkenalkan oleh Carolus Linneaeus. Suku kata pertama merupakan nama genus (marga), suku kata kedua merupakan penunjuk spesies (jenis). Penulisan nama ilmiah dibedakan dari tulisan lainnya. Jika teks tulisan diketik miring, maka nama ilmiah diketik tegak. Begitu sebaliknya. Jika teks ditulis tangan, maka nama ilmiah digaris bawah. Hal ini dimaksudkan agar mudah dikenali.

Lalu bagaimana agar kita bisa mempelajari jutaan ragam dan bentuk makhluk hidup di dunia ?. Untuk mempermudahnya, diperlukan pengelompokan makhluk hidup atau sering disebut sistem klasifikasi. Pengklasifikasian didasarkan pada persamaan bentuk luar tubuh (morfologi), susunan tubuh (anatomi), faal tubuh (fisiologi), perilaku dan kromosom.

Mula-mula makhluk hidup hanya dibedakan menjadi dua kingdom, yaitu plantae dan animalia. Kemudian jamur dipisahkan dari kingdom tumbuhan karena tidak berklorofil dan berdinding sel dari kitin. Kingdom jamur disebut juga kingdom fungi. Makhluk hidup bersel satu yang tidak memiliki membrane inti sel dimasukkan dalam kingdom protista, dan yang memiliki membran inti sel dimasukkan dalam kingdom monera. Sehingga muncullah sistem klasifikasi lima kingdom, yaitu Plantae, Animalia, Fungi, Monera dan Protista.

Selain lima kingdom diatas, terdapat golongan virus yang dipisahkan dari kelima kingdom. Hal ini disebabkan karena virus memiliki cirri berbeda dari makhluk hidup. Virus bisa dikristalkan, dan berkembangbiak dalam tubuh inangnya, sedangkan makhluk hidup lima kingdom tidak dapat melakukannya.

Sampai sekarang ilmu pengetahuan terus berkembang, dan para siswa juga dapat membantu mengembangkan ilmu pengetahuan tersebut, karena rahasia alam ini masih sangat luas terbentang untuk dipelajari :)
Siapa yang berminat meneruskan usaha para ilmuwan, harus mempersiapkan diri dari sekarang ?!

Catatan :
Klik disini untuk materi presentasi Klasifikasi Makhluk Hidup
Klik disini untuk materi Klasifikasi Ilmiah dari wikipedia

Kesederhanaan Dalam Belajar dan Mengajarkan

Pengalaman di Universitas
Seorang guru kelas datang ke kelas dengan bergegas. Dia melompat ke atas dan ke bawah di lantai sambil mengatakan dengan keras, kiss me, kiss me. Siswa-siswa di kelas merasa tidak nyaman dengan guru yang terlihat genit tersebut. Tetapi dia terus melakukannya selama beberapa menit. Kemudian dia menulis huruf yang besar di papan tulis sambil berkata, ini adalah pelajaran yang terpenting dalam kelas ini, KISS. Kemudian dia menterjemahkan singkatan itu di papan tulis. Pengarang memohon maaf atas kekasaran bahasa ini.
Keep It Simple Stupid
Saya sering lupa dengan pelajaran yang sangat penting tersebut.
Di dalam sebuah kelas ekonomi, seorang guru sedang mendemonstrasikan contoh dari produk oligopoli. Dia mencuci rambutnya dengan shampo. Beberapa dari siswa tertawa tetapi beberapa dari mereka merasa bahwa dia telah melakukan yang melampaui batas. Terpisah dari kontroversi tersebut, dia menerangkan sesuatu dengan cara yang tidak biasa yang tidak mudah untuk dilupakan. Saya percaya kalau dia menerangkannya dengan kalimat-kalimat yang panjang, saya pasti sudah lupa definisi oligopoli.

Seorang guru Bahasa Inggris untuk bahasa kedua bertanya kepada muridnya, apa itu keabadian? Seorang murid mengatakan keabadiaan adalah sangat lama. Seorang murid mengatakan keabadian adalah sangat sangat sangat lama. Guru itu berkata “Bayangkan seekor burung hinggap di batu yang besar setiap pagi ….”. Saya lupa apa yang dibaca guru itu secara tepat, tetapi saya masih dapat membayangkannya. Guru itu menceritakan sebuah cerita yang hidup di dalam imajinasi pendengarnya.

Pengalaman Sehari-hari
Saya bertanya kepada anak saya tentang arti arsitektur yang telah diterangkan satu tahun lebih yang lalu. Dia menjawab “Meletakan sesuatu pada tempatnya yang tepat”. Dia masih mengingatnya. Kesederhanaan mudah diingat.

Saya menolong seorang anak yang lain untuk menghafal materi pelajaran di sekolah yang mempunyai 90 kata dengan membuat delapan simbol untuk merepresentasikan kalimat tersebut. Jangan membayangkan kalau yang digambar adalah gambar-gambar yang kompleks. Kebalikannya adalah simbol-simbol itu sederhana sekali seperti di antaranya “+ V ”. Dia bisa mengingatnya dengan mudah. Kesederhanaan dapat dimengerti.

Saya menerangkan kepada perempuan yang berumur kurang lebih 60 tahun tentang arti programming dengan membuat analogi tentang program komputer dan program TV. Ini adalah yang saya sesalkan karena saya harus duduk berjam-jam untuk mendengarkan ceritanya tentang program TV favoritnya. Kesederhanaan dalam hal ini, adalah “Jangan pernah bertanya tentang program TV favorit kepada seorang nenek”.

Buku-buku
Salah satu pengarang dari kumpulan buku penulis, berkata tentang bagian yang paling penting dari OOA (Analisa berbasis objek).
• Menemukan apa adalah yang terpenting.
• Menemukan apa untuk diletakkan di mana adalah kedua yang paling penting.
Penulis membacanya tiga atau empat tahun yang lalu. Penulis masih mengingatnya dengan baik. Penulis ingin sekali memberikan sumber buku dan pengarangnya, tetapi kami kesulitan menemukannya. Kesederhanaan tidak dapat dilupakan.

Penulis membaca tiga buku untuk mengerti tentang web services. Semua penulis menulis tentang SOAP, arsitektur, dan tentang hal yang belum perlu diketahui. Mereka menulis sesuatu yang tidak dibutuhkan keterangan detil pada saat itu. Kemudian Penulis mendengar 3 huruf tentang web services yang akhirnya dapat diketahui konsep terpenting dari web services. Web services adalah dll (dynamic linking library). Tiga huruf itu sudah cukup untuk waktu sekarang. Mungkin di lain waktu jika ingin membuatnya, baru penulis akan membaca dengan lambat dan mempelajarinya dengan lebih dalam.

Kesederhanaan adalah Keadaan Hampir Sempurna
Penulis belajar formula Einstein e = mc2 di pelajaran fisika SMA. Penulis masih mengingatnya. Penulis bertanya-tanya bagaimana bentuk formulanya pada awal dia menemukan relasi antara energi, massa dan kecepatan. Tebakannya adalah bentuknya jauh lebih kompleks dari yang sekarang.
Penulis banyak menggunakan teknik “Brain storming”. Jika anda ingin memecahkan masalah, anda menulis semua yang ada di kepala di sebuah kertas. Jangan berpikir terlalu lama apakah pikiran itu cocok dengan solusi atau tidak. Pada tahap awal, hasilnya akan kompleks. Kemudian mungkin akan memperbaikinya dengan menghapus yang tidak perlu, menambah yang belum ada, dan memindah-mindahkan kalimat-kalimat, yang pertama menjadi yang terakhir, yang terakhir menjadi yang tengah. Tergantung kompleksitas dari masalah yang sedang dikerjakan, anda terus-menerus mengerjakannya selama berjam-jam atau berhari-hari atau berbulan-bulan atau bertahun-tahun.
Akhirnya tercipta solusi yang lebih baik, atau tulisan yang lebih baik atau proyek yang lebih baik dari sebelumnya. Pada akhirnya, hasilnya adalah keadaan hampir sempurna, mudah-mudahan. Kesederhanaan membutuhkan lebih banyak usaha. Kesederhanaan adalah keadaan hampir sempurna. Oleh: Hermawih Hasan (dengan sedikit suntingan)

Catatan:
Ajarkan kesederhanaan dalam belajar, dan sederhanakan dalam mengajar, InsyaAllah ini adalah kunci kesuksesan …